× Beranda Layanan Galeri Kontak Komentar

4 Tanda Rayap Telah Menyerang dan Bersarang di Rumah

Keberadaan rayap di rumah tidak hanya menggangu, tapi juga bisa merusak rumah dan menimbulkan bencana.

Seperti diketahui, rayap bisa memakan segala hal di rumah yang terbuat dari kayu seperti kusen pintu, jendela, tiang kayu, dan furnitur kayu lainnya. Akibatnya, kayu menjadi lapuk, busuk, hingga hancur.

Ada berbagai jenis rayap yang dapat menyerang rumah seperti rayap kayu kering, rayap tanah, dan rayap kayu basah.

Sebelum mengambil tindakan apa pun untuk membasmi rayap dari rumah, identifikasi jenis rayap yang dihadapi dan berapa banyak jumlahnya.

Sebetulnya, cara terbaik untuk menghilang rayap di rumah adalah memeriksakan semua area atau ruangan di rumah secara teratur.

Sayangnya, masih banyak penghuni rumah yang belum menyadari keberadaan rayap di rumah. Padahal, adanya rayap di rumah dapat diketahui dengan mudah.

Tumpukan tanah atau lumpur pada kayu

Tanda adanya rayap di rumah bisa diketahi dari munculnya tumupukan tanah atau lumpur pada permukaan kayu. Ini merupakan tanda yang paling jelas.

Cobalah memeriksa di sekitar fondasi rumah, termasuk tepi dinding dan tiang. Jika menemukan tumpukan tanah tersebut, itu menandakan permukaan kayu telah dihinggapi atau digerotogi rayap.

Tabung lumpur ini terlihat seperti jejak cokelat tipis yang terbuat dari tanah atau lumpur dan mengalir di sepanjang permukaan kayu.

Sayap rayap

Ketika rayap menemukan tempat yang bagus untuk menggali struktur kayu di rumah, serangga ini akan melepaskan sayapnya.

Jadi, jika Anda menemukan sayap tersebar di sekitar ambang jendela atau pintu di rumah, siap-siap rayap akan segera memulai menggerogoti berbagai permukaan kayu.

Kotoran rayap

Kotoran rayap di dalam dan di sekitar rumah menunjukkan bahwa rayap kayu kering telah memakan struktur rumah Anda. Kotoran rayap akan ditemukan di dekat kayu yang telah terkikis oleh rayap.

Kayu rusak

Kerusakan kayu yang disebakan rayap dapat dilihat dalam berbagai bentuk seperti kayu yang terlihat terkikis, berlubang, dan terdengar suara dari dalam kayu.

Ketuk kayu di dalam dan di sekitar rumah untuk menentukan apakah kayu berlubang. Jika ya, atau kayu sudah terlihat rusak dari luar, kemungkinan besar rayap sudah menyerang rumah Anda.

www.rajarayap.com