10 Cara Alami Usir Rayap


Mengeksplorasi metode pengendalian rayap yang alami dan tidak beracun, termasuk penggunaan minyak jeruk, minyak Mimba, dan asam borat.


Rayap terkenal karena menyebabkan kerusakan pada rumah dan bangunan, dan keberadaannya dapat menimbulkan kekhawatiran. Meskipun ada banyak perawatan kimiawi yang tersedia, beberapa orang lebih suka menggunakan metode alami untuk membasmi rayap. Berikut adalah 10 cara alami untuk menyingkirkan rayap :

1. Sinar matahari :

Rayap sensitif terhadap sinar matahari dan panas, jadi memaparkan area yang terkena sinar matahari langsung dapat membantu membunuhnya. Jauhkan furnitur, gorden, dan barang-barang lainnya dari jendela agar sinar matahari dapat menembus.

2. Minyak jeruk :

Minyak jeruk mengandung d-limonene, senyawa yang dapat membunuh rayap saat bersentuhan. Oleskan minyak jeruk ke area yang terinfeksi menggunakan penetes atau botol semprot.

3. Cuka :

Cuka adalah disinfektan alami dan dapat membunuh rayap jika bersentuhan. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot dan oleskan ke area yang terinfeksi.

4. Boraks :

Boraks adalah insektisida alami dan dapat digunakan untuk membunuh rayap. Campurkan boraks dengan air untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang terinfeksi.

5. Nematoda :

Nematoda adalah cacing mikroskopis yang memakan rayap. Mereka dapat dibeli secara online atau di pusat taman dan harus diterapkan pada area yang terinfestasi.

6. Tanah diatom :

Tanah diatom adalah bahan alami yang dapat membunuh rayap dengan cara mengeringkannya. Oleskan lapisan tipis tanah diatom ke area yang terinfeksi.

7. Garam :

Garam adalah pengering alami dan dapat mengeringkan rayap. Campur garam dan air hangat dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot dan oleskan ke area yang terinfeksi.

8. Perangkap kardus :

Basahi beberapa lembar karton dan letakkan di dekat area yang terinfestasi. Rayap akan tertarik pada karton tersebut dan dapat dilepas dan dimusnahkan.

9. Minyak atsiri :

Minyak atsiri seperti cengkeh, mimba, dan minyak pohon teh dapat mengusir rayap. Oleskan beberapa tetes minyak ke bola kapas dan letakkan di dekat area yang terinfeksi.

10. Tingkatkan ventilasi :

Rayap tumbuh subur dalam kondisi lembap dan lembap. Tingkatkan ventilasi di area yang terinfestasi dengan membuka jendela dan menggunakan kipas angin untuk mengurangi tingkat kelembapan.


Meski metode alami ini "mungkin" efektif untuk basmi rayap, penting untuk diperhatikan bahwa metode ini sangat tidak dapat diandalkan seperti perawatan kimiawi. Karena masih jauh lebih baik untuk berkonsultasi dengan ahli pengendalian hama jika Anda mencurigai ada serangan rayap di rumah Anda.